Modul I Percobaan 3

a. Keypad 

 

b. LCD Character


2. Rangkaian Simulasi [Kembali]


3. Flowchart [Kembali]

4. Listing Program [Kembali] 
#include <LiquidCrystal.h>
#include <Keypad.h>

const byte ROWS = 4; //four rows
const byte COLS = 3; //three columns
char keys[ROWS][COLS] = {
    {'1','2','3'},
    {'4','5','6'},
    {'7','8','9'},
    {'*','0','#'}
};

byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //connect to the row pinouts of the keypad
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //connect to the column pinouts of the keypad

// initialize the library with the numbers of the interface pins
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() {
  // set up the LCD's number of columns and rows:
  lcd.begin(20, 4);
  lcd.setCursor(1,2);
  lcd.setCursor(4,3);
  lcd.setCursor(0,0);
}

void loop() {
char key = keypad.getKey();

    if (key) {
        lcd.print(key);
    }
}

5. Video [Kembali]


6. Prinsip Kerja Rangkaian [Kembali]
Pada percobaan 3 modul 1, rangkaian terdiri dari beberapa komponen, diantaranya arduino, keypad dan LCD. Pada rangkaian ini keypad sebagai input ardiuno dan LCD sebgai outputnya. Keypad mendeteksi hubungan pin baris dan kolom dengan menekan tombol dengan berurutan dan bergantian satu persatu. Angka-angka yang ditekan pada keypad akan ditampilkan pada LCD sesuai baris dan kolom  yang sudah ditentukan.

7. Analisa [Kembali]
Untuk menampilkan angka 5,6,7,8 pada LCD baris 2 kolom 7 yaitu dengan cara mengatur letak tampilan LCD pada listing program arduinonya. Pada listing programnya, hal perlu di ubah adalah setCursor pada LCDnya, karena pada LCD di mulai dari A0 maka setcursornya di ubah menjadi setCursor(6,1). Setelah itu jika kita menekan angka 5,6,7,8 secara bergantian pada keypad, maka angka tersersebut akan tampil pada LCD pada baris kedua kolom ketujuh.

8. Link Download [Kembali]
Download Rangkain Disini
Download Video Disini
Download  Listing Arduino Disini
Download HTML Disini





No comments:

Post a Comment